Wednesday, July 21, 2010

panduan untuk isteri memenangi hati suami

Bismillaah Ar Rahmaan Ar Rahiim…
Assalaamu’alaikum wa rahmatullaahi wa barakaatuhu…
Salam silaturahmi teriring Ukhuwah Islamiyah saudaraku akhi wa ukhti fillah…
Semoga catatan ini menjadikan bekal dan manfaat bagi kita semua, aamiin…
Tafadh_dhal/i di amalkan…. “^_^”


Ketika engkau hendak membangun rumah tangga dengan pemuda yang kau pilih dan kau sukai, engkau harus memperhatikan bahwa pemuda itu memiliki potensi untuk berubah. Nah, cinta hanya bisa langgeng jika dipertahankan. Usaha untuk melanggengkan cinta ini adalah karakter tambahan dari kepatuhan terhadap suami. Sebab, bila istri shaliha adalah istri yang selalu memenuhi permintaan suami, maka istri yang mencintai suami adalah istri yang bersegera melakukan hal-hal yang menyenangkan suaminya sebelum diminta.
Kian teguh engkau menerapkan nasihat ini, kian kukuh kau genggam hati suamimu, dan kian dalam kebahagiaan yang kau rasakan.
1) Biarkan suamimu hidup sesuai dengan wataknya, melakukan apa yang dikehendakinya. Jangan buat dia merasa terikat dan terpasung
2) Suami tidak senang mendengar nasihat dari istri, sebab nasihat membuat pemberita berada pada posisi yang lebih tinggi daripada pendengarnya. Nasihat juga menampakkan aib yang sebenarnya ditutup-tutupinya suami dari istri. Nasihatilah secara tidak langsung. Misalnya menceritakan kekurangan suami dalam bentuk kisah fiktif, disertai pernyataan bahwa suamimulah yang terbaik, karena tidak memiliki aib dan kekurangan seperti yang kau ceritakan itu. Dapat dipastikan, suamimu pasti akan segera meninggalkan aib dan kekurangan tersebut.
3) Biasanya suami ingin menang sendiri dalam obrolan tentang apa saja. Celakalah istri yang ingin menang dari suaminya. Dialah yang akan merugi dan akan mendapat kesengsaraan. Jika engkau ingin bahagia dan ingin rumah tanggamu tentram, berusahalah tampil dihadapannya sebagai pihak yang kalah dan lemah. Biasanya suami justru menjadi lebih mencintaimu dan lebih berusaha membahagiakanmu.
4) Biasanya lelaki lebih kuat daripada wanita dikarenakan struktur fisik dan faham yang diterimanya turun-temurun selama berabad abad. Dia senang menunjukkan kejantanan dengan cara mendominasi istrinya, tidak mau istrinya melihat kelemahannya, dan melawan saat istri berusaha mengubahnya. Wanita yang pintar dan merindukan kebahagiaan dirinya dan keluarganya, pertama-tama harus pintar memilh suami. Setelah itu dia harus puas dengan anugerah yang diterimanya, berusaha beradaptasi dan hidup harmonis dengan suaminya, berusaha mengubah dirinya, dan bukannya mengubah watak suaminya. Jika dia bersikeras mengubah watak suami, dia sendiri yang akan sengsara dan menyengsarakan orang lain, tanpa mengubah apa pun pada diri suaminya. Jauh lebih baik jika dia menerima apa adanya dan beradaptasi. Jika tidak bisa, kerugian terkecil yang dideritanya hanyalah perceraian dalam waktu cepat.
5) Suami yang kasar, keras, zhalim, semena-mena dan berperangai buruk hanya bisa diubah dengan kelembutan dan kasih sayang. Jika dia tidak berubah menjadi lembut, penyayang dan penurut dengan cara tersebut, cara berikutnya adalah menampakkan kelemahan, airmata, dan ketidakmampuan melawan suami yang kasar, senang menonjolkan kekuatan, kekasaran, dan kewibawaannya, serta tidak tahu cara bergaul dengan wanita yang lembut dan penurut. Setelah itu biasanya suami yang kasar dan galak itu berubah menjadi anak kecil yang penurut dan selalu berusaha menyenangkan istri dengan berbagai cara. Minimal, ia akan berubah menjadi lebih baik.
6) Banyaknya kritikan, tuntutan, keengganan dan penolakan istri tanpa alasan yang kuat, hanya akan membuatnya ditinggalkan oleh suami.
7) Suami tidak suka terlibat terlalu jauh dalam urusan rumah tangga sehari-hari dan problem mengasuh anak-anak. Karena itu, sebaiknya istri menjauhkan suaminya dari problem mengasuh anak-anak sebisanya, dan tidak meminta bantuannya kecuali dalam kondisi terpaksa.
8) Kecemasan, keresahan, ketegangan, dan keraguan biasanya menyebabkan kegagalan kehidupan rumah tangga.
9) Pemilihan waktu yang tepat sangat penting dalam kehidupan rumah tangga. Jika suamimu sedang lelah atau marah, janganlah engkau mengajukan masalah kepadanya. Tundalah sampai kau dapati waktu yang lebih baik. Ini demi kebaikanmu sendiri.
10) Istri yang cerdas adalah istri yang membuat suami,I merasa dianggap penting dalam kehidupan sang istri, suami dianggapnya sebagai pribadi yang kuat, dan keberhasilannya dalam segala hal, selalu terlihat dan dibanggakan oleh sang istri.
11) Kebahagiaan lelaki Timur ada pada aktualisasi diri. Untuk hal ini, dia membutuhkan istri yang memuaskan egonya, tidak mau diingatkan akan kelemahannya, karena dia merasa dirinyalah orang yang paling mengetahui kelemahan itu, membutuhkan istri yang menguatkan rasa percaya dirinya dan memompa motivasinya, bukan istri yang menghancurkan harga dirinya lewat kritikan yang tiada habisnya.
12) Suami senang menerima cinta, penghormatan, kepatuahn, pujiaan, rayuan, dan ucapan terima kasih dari istrinya, bahkan senang diperlakukan laksana raja.
13) Kekompakan suami istri dalam hal kegemaran dan hobi, atau penghargaan terhadap hobi pasangan sangat membantu dalam mewujudkan kebahagiaan, memuaskan dahaga emosional masing-masing pasangan.
14) Salah satu penyebab kebahagiaan rumah tangga adalah kepuasan dan kerelaan terhadap level ekonomi keluarga. Hal ini tidak tergantung pada level ekonomi yang tinggi. Sebab, bisa jadi ada orang miskin yang puas dan rela dengan kondisi ekonominya dan ada orang kaya yang tidak pernah puas dan rela.
15) Jangan biarkan keluarga, tetangga, atau teman mencampuri urusan rumah tanggamu. Suami tidak senang kehidupan pribadinya diketahui orang lain dan menganggaap hal itu sebagai rahasia yang berkaitan dengan kehormatan dan kemuliaan dirinya. Saya kenal dengan seorang suami yang menceraikan istrinya karena sang istri memberitahu tetangga rahasia seksualnya, lalu sang tetangga itu memberitahu suaminya, lalu suami sang tetangga itu memberitahu kepada suami yang saya kenal, dan dia pun langsung pulang, menceraikan istrinya, dan menolak semua pembelaan orang agar dia rujuk kembali.
16) Bersikaplah penuh rahasia !! bagaimana pun suamimu menyangka telah memahami dan mengenal dirimu, buktikan bahwa masih banyak hal pada dirimu yang belum diketahuinya. Jadilah istri yang penuh rahasia didepan suamimu. Sebab, seorang laki-laki selalu berusaha menggali apa yang tidak diketahuinya. Sikap ini merupakan seni yang rumit dan tidak dikuasai mayoritas istri. Engkau bisa menguasainya lewat pengalaman. Pertimbangkan setiap langkah yang kau lakukan. Jaga kerahasiaan hubunganmu dengan suami. Buatlah suamimu merasa bahwa engkau selalu memiliki banyak rahasia.
17) Memberikan kejutan, kkhususnya kejutan yang lembut dan menyenangkan. Misalnya, makan malam romantis di bawah bias temaran sinar lilin untuk menghilangkan kejemuan akibat rutinitas. Betapa pun sederhana kejutan yang engkau berikan, hal ini akan sangat berpengaruh dalam relasimu dengan suami. Engkau harus selalu berusaha mengatasi kejenuhan. Sebab, suami bisa cepat merasa jenuh dan dia menginginkan engkau mengubah penampilanmu, susunan perabotan, dan detail hidupmu berdua secara kontinyu.
18) Terakhir, didalam buku Al Mar’ah Al Mitsaliyah fi ‘Ayun Ar Rijal (wanita idaman setiap lelaki) disebutkan beberapa sifat istri shalihah. Diantaranya,
Tidak lupa bahwa dia adalah perempuan
Memiliki tuntutan yang logis
Berpikiran maju, mahir berbicara
Hanya mencintai suami
Tidak menganggap harta sebagai bukti utama cinta
Pandai mendengar kemauan suami
Tidak rewel, bawel, tidak cerewet, dan tidak menentang suami
Tidak mementingkan hal sepele dan memberi sebelum meminta
Pandai bergaul dengan keluarga suami
Dapat dipercaya, tulus, tidak penuh tipuan, tidak mengharap balasan bila berbuat sesuatu, dan tidak pura-pura lemah
Tidak pelupa, tidak membuat-buat masalah
Tidak cenderung berkuasa dan tidak sombong
Puas dengan anugerah Allah padanya, tidak berlebihan dalam berhias dan megikuti mode

No comments: